Gerak Semu Harian Matahari

Gerak semu harian Matahari adalah sebuah fenomena perputaran bumi pada porosnya, pergerakan benda langit matahari dan bintang-bintang akan terlihat dari bumi seperti berputar dari timur ke barat.

Proses pergerakan ini sering disebut dengan istilah diurnal motion dan ini terjadi pada setiap harinya yang menyebabkan terjadinya pergantian hari, siang dan malam.

Sebagai contoh saat pagi hari matahari akan terbit dari timur, lalu secara perlahan akan tampak seperti bergerak ke arah barat hingga terbenam di sore harinya.

penjelasan tentang Gerak semu harian matahari ini biasanya muncul dalam pelajaran sekolah Soal Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 baik saat ujian maupun saat pembelajaran di kelas.

Baca Juga: Convert Word to PDF

Gerak Semu Harian Matahari Disebabkan Oleh

Terjadinya gerak semu harian matahari terjadi akibat rotasi bumi seingga membuat matahari seperti berjalan secara lambat mengelilingi bumi. Karena matahari adalah bintang yang bisa menghasilkan energi atau cahaya dengan sendirinya.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Saat pagi hari maka matahari akan muncul dari timur, kemudian matahari tersebut seperti sedang berjalan walaupun terlihat pelan, Saat siang hari matahari sudah lurus di atas kepala kita, kemudian saat sore sudah di ujung barat.

Proses Terjadinya Gerak Semu Matahari

Gerak Semu Harian Matahari

Di atas sudah dijelaskan bahwa proses rotasi bumi pada porosnya adalah penyebab terjadinya gerak semu matahari. Karena kita yang berada di bumi, maka proses pergerakan itu akan kita rasakan ikut bergerak mengikuti proses rotasi bumi, oleh karena itu yang kita rasakan adalah mataharinya yang bergerak, padahal sebenarnya adalah bumi yang bergerak mengelilingi matahari.

Proses satu rotasi penuh (satu putaran penuh) bumi mengelilingi matahari membutuhkan waktu waktu kurang lebih 23 jam dan 56 menit. nah hal ini bisa kita lihat dari siklus pergerakan waktu siang dan malam. Atau lebih mudahnya siklus tersebut bisa diartikan kita 12 membelakangi matahari dan 12 jam menghadap matahari.

Bagaimana Dampaknya?

Dampak yang terjadi akibat gerak semu harian matahari adalah terjadinya pergerakan zona waktu yang di iringi dengan proses terbit dan terbenamnya matahari setiap harinya.

Berikut adalah beberapa dampak yang tarjadi akibat kejadian tersebut

  • Matahari akan terbit dari timur dan terbenam di barat.
  • Terjadinya pergantian waktu siang dan malam
  • Perbedaan waktu antar daerah atau negara.

Karena proses rotasi bumi yang berputar mengelilingi matahari maka hal tersebut akan membuat seolah-olah matahari akan berputar setiap harinya mulai muncul dari timur dan kemudian saat sore hari akan tenggelam di arah barat.

Hal tersebut juga akan mengakibatkan jerjadinya pergantian hari yaitu siang dan malam, hal ini merupakan dampak langsung yang terlihat dari proses gerak semu matahari.

Perbedaan waktu juga menjadi salah satu dampak dari gerak semu matahari, seperti contoh perbedaan waktu antara Papua dan Jakarta akan selisih 1 jam lebih awal papua.

Dampak Gerak Semu Tahunan Matahari

Dampak gerak semu tahunan matahari secara signifikan terlihat pada perbedaan iklim dari setiap Negara di dunia, nah terjadinya perbedaan musim di berbagai dunia seperti musim dingin dan musim panas inilah dampak dari gerakan semu matahari tahunan.

Sebagai contoh, pada panas si duatu negara maka akan terlihat seolah matahari bergerak ke arah utara, nah negara bagian utara tersebut tentunya akan mendapatkan pencahayaan lebih banyak, hal ini akan berimbas terjadinya musim panas atau musim semi di negara bagian utara.

Itulah tadi pembahasan tentang proses terjasinya gerak semu harian matahari, semoga pembahasan artikel dari website ini bisa bermanfaat.