Pre Order Adalah

Sebelum masuk ke dalam pembahasan apa yang dimaksud dengan pre order atau lebih sering dikenal dengan PO, istilah pre-order ini biasanya adalah sering muncul di beberapa marketplace atau juga di penjualan barang secara offline seperti di sebuah perusahaan dengan jumlah pesanan yang banyak.

Jika kita lihat di toko online marketplace besar seperti Tokopedia, Shopee atau Lazada, biasanya ada beberapa pelapak yang mencantumkan pre-order untuk beberapa produknya, hal ini terjadi biasanya produk tersebut tidak ready.

Pre Order Adalah

Pre order (Pesan terlebih dahulu) maksudnya adalah Sistem pembelanjaan dengan cara kerja yang mana customer melakukan pemesanan suatu produk dan harus melakukan pembayaran terlebih dahulu baik itu DP atau full Payment dengan masa tenggang tertentu, setelah barang jadi maka produk itu baru di kirim ke pemesan.

Pre Order biasanya terjadi karena beberapa hal beberapa diantaranya adalah karena barang tersebut tidak ready, bisa juga karena desain khusus atau ukuran tertentu yang harus membutuhkan waktu lama, atau bisa juga order dalam jumlah banyak menjadi salah satu faktor terjadinya PO.

Cara melakukan Pre Order dan Open PO di Shopee, Tokopedia, Lazada dan Bukalapak

Pre-order adalah

Cara kerja pre-order di online shop atau marketplace sistemnya hampir sama, dan proses pre order ini juga sangat mudah untuk dilakukan, Berikut adalah simulasi untuk pre order yang saya lakukan di marketplace tokopedia.

Contoh pre order disini saya akan melakukan PO di Tokopedia untuk produk tempat flayer akrilik dan saya memesan sebuah produk dengan ukuran atau desain tertentu:

  • Yang pertama bertanya ke penjual melalui chat apakah dia bisa bisa membuatkan desain khusus untuk produk yang di jualnya
  • Seperti contoh bambar dibawah ini penjual bisa melakukan pembuatan produk sesuai denga permintaan saya dan dia membutuhkan waktu 3-7 hari untuk proses custom.
Cara melakukan Pre Order tokopedia
  • Masih lanjut di chat, saya menanyakan harga apakah sama dengan produk yang tanpa custom, penjual menjawab harganya beda saat itu kalau gak salah harga beda Rp 5.000 lebih mahal.
  • Selanjutnya infokan jumlah PO barang yang akan di order, disini saya pesan 7 pcs.
  • Setelah itu penjual akan membuatkan link order khusus yang di setting PO dengan durasi waktu pengiriman max 7 hari.
Pre Order maksudnya adalah
  • Setalah dibuatkan link order khusus, kamu tinggal check out dan lakukan pembayaran, pengalaman saya saat order tempat flayer ini sekitar 5 hari barang sudah dikirim.

Apakah Pre Order Aman?

Dari pengalaman saya beberapa kali melakukan pre order di Shopee, Tokopedia dan Lazada Alhamdulillah selalu lancar dan aman, karena sebelum melakukan transaksi saya berkomunikasi terlebih dahulu dengan seller.

Selain itu keamanan orderan kita juga sudah dijamin oleh pihak marketplace, jika barang belum diterima jangan klik atau confirm pesenan selesai, selain itu jika jatuh tempo pengiriman habis tap[i barang belum dikirim kamu bisa hub seller jika tidak ada respon bisa dilakukan calcel dan refund agar uang kita balik.

Tips Aman Belanja Pre-Order di Marketplace

  • Pilih seller atau penjual yang memiliki reputasi baik, bisa dilihat dari jam terakhir dia online, jumlah follower, jumlah order produk dan jumlah review positif.
  • Bertanya kepada seller melalui chat, tentang produk yang akan di order, mulai kesanggupan untuk proses produksi, durasi pengiriman, harga produk dan link order khusu jika produk tersebut custom.
  • Jika order produk kamu akan banyak, lebih baik order sample terlebih dahulu agar mengetahui produk tersebut kualitasnya sesuai dengan keinginan kita atau tidak, jika sesuai kalu bisa langsung order sesuai quantity yang di inginkan.
  • Jika produk belum di kirim padahal tenggang waktu sudah selesai, segera kontak seller untuk memastikan kesiapan pengiriman produk, namu jika seller tidak mengirimkan barang sampai waktu tenggang habis maka segera calcel order agar kamu terhindar dari penipuan barang yang tidak dikirim.

Namun adabeberapa proses pre order yang berbeda-beda tergantung dari masing masing toko, misal untuk sebuah produk yang baru launching misalnya, bisa juga penjual membuat link pre order karena barang belum ready.

hal ini biasanya terjadi pada sebuat handphone baru yang baru rilis, biasanya vendor sudah melakukan lounching dan perkenalan produk terlebih dahulu sebelum produknya di jual ke pasar secara langsung.

Proses pre order ini sih sebenarnya aman-aman saja, jika memang reputasi penjual dapat di percaya dengan kriteria seperti diatas.

Namun kamu harus tetap waspada dan berhati-hati saat melakukan pre order karena saat ini juga banyak penipuan pre order di tokopedia, Shopee, lazada dan toko online lainnya.

Apa keuntungan pre order pagi penjual dan pembeli

  • Keuntungan untuk penjual adalah menghindari over stock atau barang tidak laku, karena pembeli harus memesan terlebih dahulu
  • Keuntungan untuk pembeli, Jika prosuk PO tersebut merupakan produk custom maka keuntungan pembeli adalah bisa membeli produk sesuai dengan keinginan kita.
  • Keuntungan untuk penjual produk custom biasanya bisa menaikkan harga dari harga normal karena harus smelakukan desain ulang dan proses khusus.

Jenis usaha yang bisa menerapkan sistem pre-order

  • Produk furniture atau hiasan rumah yang bisa melakukan custome
  • Produk kerajinan berbahan akrilik, kaca dan plastik dan sejenisnya
  • Produk sablon kaos atau baju
  • Produk makanan dan minuman dengan quantity order banyak.
  • launching produk baru seperti handphone baru atau leptop baru.

Namun dari pengamatan kami, jenis usaha yang memanfaatkan proses pre order ini tidak terlalu banyak, seperti yang kami pantau di beberapa marketplace memang kebanyakan penjual lebih memilih order langsung tanpa PO.

Order jenis pre order ini biasanya adalah jenis order khusus yang membutuhkan detail dan spesifikasi sesuai keinginan pembeli, seperti yang sudah kami contohkan diatas untuk order tempat flayer, barang yang sebenarnya dijual oleh pelapak adalah flayer duduk di meja.

Namun karena kebutuhan kami adalah flayer yang bisa di tempel di dinding, sedangkan penjual tidak ada tempat flayer yang bisa di tempel di dinding, maka kami melakukan order khusus dengan desai yang kami tentukan agar bisa dipasang di dinding.

Terima kasih sudah berkunjung ke website https://www.sindotv.com semoga artikel yang kami suguhkan bermanfaat, jika merasa artikel ini bermanfaat mohon dukungannya untuk terus berkunjung ke website kami agar kami semakin bersemangat membuat artikel-artikel bermanfaat lainnya.