Jokowi Restui Kaesang Ikut Pilkada 2024

SINDOTV – Isu Kaesang maju pilkada tidak lepas dari mulai munculnya nama anak bungsu Jokowi itu dalam survey dan rekomendasi internal partai. Di tingkat survey, nama Kaesang disebut teratas pada Pilkada Jawa Tengah 2024.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) merestui putra bungsu sekaligus Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep untuk maju Pilkada 2024. Namun, mantan Walikota Solo itu mengklaim tugas orang tua hanya bisa mendoakan anaknya di pilkada.

“Tugas orangtua itu hanya mendoakan,” kata Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma, Senin (8/7/2024).

Nama Kaesang memang belakangan sedang naik daun lantaran elektabilitas dari hasil survey pilkada 2024 berada di atas nama Ahmad Luthfi yang merupakan kandidat teratas saat ini.

Selain dari hasil survey, internal PSI juga mendorong suami Erina Gudono itu maju bertarung di Pilkada DKI Jakarta. DPD PSI Jakarta Barat menyampaikan 6 rekomendasi nama kandidat, salah satunya adalah Kaesang Pangarep.

Selain ketua umum mereka, nama Heru Budi Hartono, Grace Natalie Louisa, Erick Thohir, Deddy Corbuzier, dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ikut dipertimbangkan maju pilkada DKI Jakarta.

Plt Ketua DPD PSI Jakarta Barat, William Aditya Sarana, menyatakan bahwa sidang pleno ini sebagai bentuk komitmen untuk memberikan pilihan terbaik bagi warga Jakarta.

“Kami menjunjung tinggi prinsip partisipasi dalam setiap proses pengambilan keputusan di internal partai,” kata William dalam keterangan tertulis, Senin (8/7/2024).

Dia menjelaskan, PSI selalu mendengarkan aspirasi dari masyarakat, sehingga pada acara Sidang Pleno Daerah sesuai dengan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Kami telah melibatkan berbagai elemen masyarakat khususnya di Jakarta Barat dan mendengarkan aspirasi mereka untuk memastikan bahwa calon yang direkomendasikan adalah yang terbaik dan paling sesuai untuk memimpin Jakarta ke depan,” ujar William.

Dipuji Sekjen PKS

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKS, Aboe Bakar Al Habsyi, memuji elektabilitas Ketua Umum DPP PSI, Kaesang Pangarep, dalam peta elektoral bakal Calon Gubernur Jawa Tengah jelang Pilkada 2024.

Momen itu terjadi ketika Kaesang dan jajaran DPP PSI lainnya tiba di ruangan Kantor DPP PKS, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (8/7/2024).

“Survei hari ini saya lihat ngeri, bos,” kata Aboe Bakar.

“Wah, ampun,” jawab Kaesang berkelakar.

Kaesang mengakui telah melihat hasil survei Indikator Politik. Putra bungsu Presiden Jokowi itu mengakui elektabilitasnya nomor wahid di survei tersebut.

“Terakhir [di] Indikator. Indikator saya [nomor] 1,” ucap Kaesang.

Kaesang sowan ke Kantor DPP PKS didampingi sejumlah pengurus DPP PSI, antara lain Cheryl Tanzil dan Isyana Bagoes Oka. Mereka tiba sekitar pukul 16.15 WIB.

Kaesang disambut Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, dan Sekjen PKS, Aboe Bakar Al Habsyi.

Pertemuan ini dalam rangka mencari kesepahaman mengenai isu politik sekaligus membahas potensi kolaborasi dalam Pilkada 2024.

Sebelumnya, hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan nama Kaesang Pangarep bersaing dengan Irjen Pol Ahmad Lutfi di beberapa simulasi bakal Cagub Jateng.

Dalam simulasi top of mind, nama Ahmad Luthfi unggul di posisi teratas dengan raihan 8,6 persen. Sementara itu, Kaesang Pangarep ada di posisi lima dengan torehan 4,0 persen.

Masih ada 65,7 persen warga yang tidak tahu atau tidak menjawab dalam simulasi top of mind tersebut. Menurut Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, potensi gelanggang bursa Cagub Jateng masih seperti lapangan terbuka.

Sementara dalam simulasi semi terbuka dan terbuka, nama Kaesang Pangarep selalu unggul jika disertakan dalam survei.

Dalam simulasi semi terbuka 20 nama Cagub Jateng, Kaesang berada di posisi pertama dengan persentase suara 17,7 persen. Diikuti Ahmad Luthfi (15,6 persen), Taj Yasin Maimoen (12,8 persen), Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul (6,0 persen), serta nama-nama lain setelahnya.

Kaesang juga selalu unggul dalam simulasi 10, 8, dan 6 nama. Begitu pun Ahmad Luthfi selalu menempel di posisi kedua.

Lalu, dalam simulasi 4 nama dengan nama Kaesang tidak disertakan, Ahmad Luthfi bisa meraih posisi teratas dengan suara 29,9 persen. Dia mengungguli tokoh terkenal lain seperti Taj Yasin (27,5 persen), Bambang Pacul (14,4 persen), dan Abdul Wachid (6,5 persen).

Dalam simulasi tiga nama dan head to head tanpa nama Kaesang, Ahmad Luthfi selalu unggul dari nama-nama yang ditandingkan.

You May Also Like

More From Author