Daftar Nama Kontingen Atlit Wakil Indonesia Yang Lolos Olimpiade 2024

SINDOTV – Jumlah atlet Indonesia yang lolos ke Olimpiade Paris 2024 baru mencapai 29 nama, terutama dari cabang olahraga (cabor) langganan medali, salah satunya cabor badminton sebagai pengirim kontingen terbanyak.

Setidaknya ada 9 atlet bulu tangkis Indonesia, yang akan turun di 6 nomor berbeda. Untuk pasangan ganda ada Fajar Alfian/Rian Ardianto (ganda putra), Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva (ganda putri), serta Pitha Haningtyas Mentari/Rinov Rivaldy (ganda campuran). Sedangkan untuk grup tunggal, tim Merah Putih memiliki Anthony Sinisuka Ginting (putra), Jonatan Christie (putra), serta Gregoria Mariska Tunjung (putri).

Badminton masih jadi harapan utama Merah Putih dalam meraih emas. Sepanjang sejarah, sejak Barcelona 1992 cabor badminton hanya sekali absen menyumbang emas, yaitu saat Olimpiade London 2012.

Medali emas terakhir cabor badminton di Olimpiade disumbangkan oleh Apriyani Rahayu ketika berpasangan dengan Greysia Polii di nomor ganda putri Olimpiade Tokyo 2020. Apriyani masih akan tampil di Olimpiade 2024, dan kali ini ia akan berpasangan Fadia Silva Ramadhanti di ganda putri.

Tantangan berat bakal menghadang kontingen badminton Indonesia. Pasalnya, performa badminton Indonesia kembali dalam sorotan usai gagal total di Indonesia Open 2024. Tidak satupun wakil Merah Putih yang menembus final Indonesia Open 2024 (Super 1000).

Sementara itu di cabang angkat besi Merah Putih memiliki 3 wakil yakni Eko Yuli Wirawan (61kg), Rizki Juniansyah (73kg) termasuk Nurul Akmal, lifter yang lolos lewat realokasi +81kg.

Penampilan debut bakal dilakoni Rizki. Atlet asal Serang itu dipastikan lolos Olimpiade 2024, selepas merebut 2 medali emas di Piala Dunia Angkat Besi (IWF) 2024. Rizki menjadi yang terbaik untuk angkatan total serta clean & jerk.

Lolosnya Rizki juga membuat sang kompatriot, Rahmat Erwin Abdullah, gagal tampil di Olimpiade 2024. Sesuai aturan, hanya ada 1 atlet lolos di setiap nomor. Rahmat tampil di kelas yang sama dengan Rizki. Sebelumnya, Rahmat merupakan peraih emas di ajang Asian Games 2022 (2023).

Kontigen Indonesia baru-baru ini kembali menambah jumlah wakil di Olimpiade Paris 2024. Tambahan itu dipastikan dari atlit cabang renang, Joe Aditya Wijaya Kurniawan dan Azzahra Permatahari. Kelolosan Joe dan Azzahra memastikan Indonesia kini mempunyai setidaknya 29 atlet di Olimpiade 2024.

Berikut daftar lengkap atlit Indonesia yang lolos ke Olimpiade Paris 2024, lengkap dengan cabang olahraga yang diikuti:

  1. Arif Dwi Pangestu (panahan)
  2. Rezza Octavia (panahan)
  3. Diananda Choirunisa (panahan)
  4. Syifa Nur Afifah Kamal (panahan)
  5. Desak Made Rita (panjat tebing)
  6. Veddriq Leonardo (panjat tebing)
  7. Rahmad Adi Mulyono (panjat tebing)
  8. Eko Yuli Irawan (angkat besi)
  9. Rizky Juniansyah (angkat besi)
  10. Nurul Akmal (angkat besi)
  11. Fajar Alfian (bulu tangkis)
  12. Muhammad Rian Ardianto (bulu tangkis)
  13. Apriani Rahayu (bulu tangkis)
  14. Siti Fadia Ramadhanti (bulu tangkis)
  15. Anthony Sinisuka Ginting (bulu tangkis)
  16. Jonatan Christie (bulu tangkis)
  17. Gregoria Mariska Tunjung (bulu tangkis)
  18. Pitha Haningtyas Mentari (bulu tangkis)
  19. Rinov Rivaldy (bulu tangkis)
  20. Bernard Benyamin van Aert (balap sepeda)
  21. La Memo (dayung)
  22. Rifda Irfanaluthfi (senam artistik)
  23. Fathur Gustafian (menembak)
  24. Rio Waida (selancar ombak)
  25. Lalu Muhammad Zohri (atletik)
  26. Maryam March Maharani (judo)
  27. Joe Aditya Wijaya (renang)
  28. Azzahra Permatahani (renang)

Pakai Jersey Buatan Desainer Didit Hediprasetyo

Kontingen nantinya akan memakai jersey yang didesain oleh Didit Hediprasetyo. Sang desainer mengungkapkan jersey tersebut memang terinspirasi dari bendera Merah Putih. Alhasil, aksen bendera tampak menonjol di jersey rilisan Olimpiade Paris 2024 ini. Selain jersey, terdapat sejumlah item lain yang dirilis, termasuk jaket yang akan dikenakan kontingen Indonesia.

“Sempat riset dan menemukan (inspirasinya) dari mendengarkan lagu ‘Berkibarlah Benderaku’. Itulah yang jadi inspirasi untuk jersey Merah Putih ini,” kata putra Presiden terpilih RI 2024-2029, Prabowo Subianto, itu dilansir dari Antara.

Adapun penggunaan dalam Olimpiade 2024 itu masing-masing, 2 set seragam dan atribut resmi bakal wajib digunakan oleh para atlet, ofisial KOI, serta tim Chef de Mission (CdM) saat acara-acara resmi terkait Olimpiade, seperti pengukuhan, pelepasan kontingen, keberangkatan, hingga kepulangan.

Berikutnya, 1 set seragam motif khusus akan dikenakan saat penerimaan medali. Serta, kontingen Merah Putih turut dibekali set seragam tambahan untuk latihan resmi. Pemilihan jersey atau item-item yang disebutkan tadi disesuaikan berdasarkan cabang olahraga (cabor).

“Olimpiade Paris 2024 ini spesial karena memang lokasinya itu di Paris, benchmark-nya dari dunia fesyen. Kita lihat pekan-pekan ini negara-negara (lain) sudah mengumumkan jersey-nya dan tidak main-main semuanya menggunakan desainer kelas atas,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo terkait jersey dikutip dari Antara.

Indonesia alhamdulillah kita memiliki Mas Didit dan kita ketahui di dunia internasional namanya sangat gemilang,” sambung Dito.

You May Also Like

More From Author