Taklukkan Filipina 2-0, Timnas Indonesia Maju ke Ronde Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Jakarta, SINDOTV – Timnas Indonesia berhasil memastikan langkahnya ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 usai mengalahkan Filipina 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada Selasa, 11 Juni. Indonesia langsung ke Piala Asia 2027 sebagai runner-up Grup F.

Di bawah asuhan Shin Tae Yong, Indonesia menurunkan tujuh pemain, termasuk bek kiri Calvin Verdok yang tampil impresif pada debutnya bersama tim Garuda. Sejak awal pertandingan, Timnas Indonesia bermain keras dan menciptakan beberapa peluang berbahaya. Namun gol pertama baru tercipta pada menit ke-31 lewat tendangan jarak jauh Thom Haye dari luar kotak penalti.

Filipina yang juga diperkuat pemain naturalisasi yang bermain di Eropa menunjukkan permainan disiplin sehingga babak pertama berakhir dengan skor 1-0. Pengalaman pemain berbicara di sini karena banyak pemain Filipina yang dinaturalisasi dan bermain di Eropa.

Kondisi lapangan yang licin akibat hujan deras menjelang pertandingan membuat para pemain kesulitan menguasai bola. Hal ini juga membuat pemain agak kesulitan menguasai bola.

Gol kedua Indonesia dicetak kapten Rizky Ridho pada menit ke-56 lewat sundulan memanfaatkan tendangan bebas Nathan Tjoe A On. Gol tersebut memastikan kemenangan Indonesia atas Filipina dan membawa mereka melaju ke babak selanjutnya Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pada menit ke-84, terjadi insiden penyerang asal Filipina, Ugelvik, tergeletak di tanah karena bertabrakan dengan kiper Indonesia, Ernando Ari. Ugelvik terpaksa meninggalkan lapangan dan diselamatkan dengan ambulans ke rumah sakit karena cedera di kepalanya.

Dengan hasil tersebut, Timnas Indonesia tak hanya melaju ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia, tapi juga memastikan tiket ke Piala Asia 2027. Pencapaian tersebut menjadi prestasi gemilang skuad besutan Shin Tae Yong dan memberikan harapan baru bagi sepak bola Tanah Air.

Ronde ketiga dari kualifikasi Piala Dunia sendiri akan dilaksanakan pada September 2024 hingga Juni 2025. Pada kualifikasi ronde ketiga ini, Indonesia menjadi satu-satunya wakil dari Asia Tenggara yang lolos dan memiliki kesempatan untuk tampil pada Piala Dunia 2026.

Secara teknis, kualifikasi ronde ketiga Piala Dunia untuk zona Asia akan diikuti oleh 18 tim yang terbagi menjadi 3 grup. Dua tim teratas dari setiap grup akan lolos otomatis ke Piala Dunia 2026. Sedangkan, peringkat ketiga dan keempat dari tiap grup masih berpeluang lolos dengan mengikuti kualifikasi ronde keempat. Sementara itu, tim peringkat kelima dan keenam dipastikan gugur dan tidak memiliki kesempatan untuk tampil di Piala Dunia 2026.

You May Also Like

More From Author